Mari Mampir!

Selamat datang di blog saya. Selamat menikmati menu beragam yang akan mengisi dahaga mu akan ilmu dan rasa lapar mu akan cerita tentang hidup. Jangan dulu meninggalkan meja makan ku sebelum kamu kenyang dan siap melangkah lagi. Salam kebajikan.
Breaking News
recent

Belajar Bahasa Inggris 01 - Mengenal Kata Kerja


Apa kabar kawan pembelajar? Beberapa kali saya diminta untuk membuat tulisan tentang cara cepat belajar Bahasa Inggris. Hal yang selalu saya tanyakan, mau belajar Bahasa Inggris di aspek mana? Belajar mendengarkan saja? Membaca? Berbicara? Atau keterampilan menulis? Karena belajar Bahasa sebenarnya tidak bisa memisahkan diantara keempat aspek tersebut, tetapi minimal ada fokus yang ingin dicapai.

Umumnya mereka ingin dapat memahami tata bahasanya (grammar).

Jika ingin belajar cepat, kemungkinan materi yang akan dieplajari hanya tata Bahasa tingkat pemula yang hanya menekankan pada pengenalan dan pembiasaan tentang penggunaan tata Bahasa (yang selalu dipengaruhi oleh bentuk waktu atau keterangan-keterangan yang menjelaskannya, biasanya dikenal dengan istilah “Tenses”).

Sebagai pendahuluan, kamu harus tahu bahwa di dalam Bahasa Inggris terdapat 16 Tense. Ketika dulu saya belajar, saya membuat kesimpulan bahwa Tenses itu cukup hanya dibagi menjadi dua saja: Present (saat ini) dan Past (lampau). Sederhanya, kita hanya tinggal melirik dari penamaan nama-nama tenses nya itu sendiri yang selalu diawali oleh kedua waktu yang tadi saya sebutkan. Mari kita lihat 16 nama-nama tenses yang ada:

  1. Simple Present Tense
  2. Present Continuous Tense
  3. Present Perfect Tense
  4. Present Future Tense
  5. Present Perfect Continuous Tense
  6. Present Future Continuous Tense
  7. Present Future Perfect Tense
  8. Present Future Perfect Continuous Tense
  9. Simple Past Tense
  10. Past Continuous Tense
  11. Past Perfect Tense
  12. Past Future Tense
  13. Past Perfect Continuous Tense
  14. Past Future Continuous Tense
  15. Past Future Perfect Tense
  16. Past Future Perfect Continuous Tense

Jika kita melihat dari 16 urutan nama-nama tenses di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap penamaan selalu diawali oleh apakah Present atau Past, sisanya mengikuti bentuk tenses yang lain, berupa: Continuous, Perfect, dan Future, lalu mereka hanya digabung-gabungkan saja. Sesederhana itu, kan?

Setelah mengenal penamaan, kita akan mulai mengenal kata kerja utama (Verbs) dari dua tenses yang kita pelajari, diantaranya:

PRESENT
PAST
V kesatu (V-1)
Are / Am/ Is
Do / Does
Have / Has
Will / Can / May / Shall / Have to

V kedua (V-2)
Was / Were
Did
Had
Would / Could / Might / Had to

Kata kerja (Predicator, verb) di dalam Bahasa Inggris ada empat fungsi, yaitu:

V-1 (Infinitive)
Learn / Go
V-2
Learned / Went
V-3 (Past Participle)
Learned / Gone
V-4 atau V-Ing (Present Participle)
Learning / Going

Nah, di dalam bahasa Inggris, kata kerja dibagi menjadi dua bentuk, yaitu: (1) beraturan (regular verbs) dan (2) tidak beraturan (irregular verbs).

Kata kerja beraturan ciri-cirinya selalu berakhiran –ed, seperti kata kerja: Learn – Learned – Learned, atau Watch – Watched – Watched.

Sedangkan kata kerja tidak beraturan memiliki perubahan yang signifikan, baik yang berubah (Go – went – gone / drink – drank – drunk), atau yang tidak ada perubahan sama sekali (Cut – cut – cut / Put – put – put).

Kenapa harus mempelajari perbedaan-perbedaan tersebut?

Dulu, saya mampu memahami dasar-dasar tata bahasa bahasa Inggris ketika saya belajar memahami dengan cara saya sendiri, sehingga apa yang akan saya jelaskan dengan cara saya sendiri.

Umumnya orang belajar grammar agar tidak  hanya memahami penggunaannya tetapi bagaimana cara mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan tenses, contoh sederhananya:

When my father came to our house, he … my mother sleep on the couch
A. Finds
B. Find
C. Found
D. Finding

Kamu bakal jawab apa?

Untuk memahami soal seperti ini, mudahnya adalah mengenal dulu kata kuncinya, yaitu kata kerja “came.” Came adalah bentuk kata kerja bentuk kedua dari kata “come” sehingga termasuk dalam bentuk lampau. Jika kamu melihat lagi pembagian 4 kata kerja sesuai dengan tenses nya (Present/Past), maka kata kedua termasuk dalam bentuk lampau. Oleh karenanya, jawaban di kalimat tersebut harus setara menjadi lampau juga. Satu-satunya pilihan lampau adalah pilihan C. Found, bentuk kedua dari kata Find.


Nah, sampai sini sudah paham?

Contoh yang kedua:

Ms Yanti lets her pupils run around in the classroom because she … them to be happy.
A. Want
B. Wants
C. Wanted
D. Wanting

Jika belajar dari contoh sebelumnya, maka yang menjadi kata kerja kunci di dalam soal adalah kata “lets” sebagai bentuk kata kerja pertama (present).

Kata kerja present ada di dalam pilihan A dan B. Bagaimana cara membedakannya?

Ketika kamu melihat kata kerja yang ditambahkan akhiran –s (wants) atau –es (goes, dari kata go, bukan menjadi gos), maka ada yang membedakan berdasarkan Subyeknya.

I / You / They / We /Kata benda jamak (banyak) = V-1 (They go)
He / She /It = V-1 + s/es (She goes)

Maka, untuk menjawab soal di atas, tentunya jatuh pada pilihan B. Wants karena Subyeknya satu (singular) yaitu She (Ms Yanti).


Jika sudah mulai memahami, coba kamu berlatih dengan soal tentang perubahan kata kerja dengan mengklik tautan berwarna merah di bawah ini.


Setelah selesai menjawab soal tentang perubahan kata kerja, kamu sekarang bisa mencoba latihan dengan menentukan kata kerja yang tepat di dalam sebuah kalimat. Untuk dapat menjawab soal-soal berikut ini, sebaiknya kamu memahami dahulu tentang contoh yang telah diberikan di dalam kotak di atas.

Silahkan klik tautan berwarna merah dibawah ini.


Untuk materi berikutnya, saya akan menjelaskan tentang kata kerja bentuk ketiga (Past Participle).

Jika ada yang mau ditanyakan, silahkan tinggalkan pertanyaan kamu di kolom komentar ya.

29 comments:

  1. Bagus kang,, mudah di fahami, cuma dari 16 tense itu, apakah bisa di jelaskan dengan bahasa Indonesia penggunaannya?? Ditunggu kelanjutannya yah

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Alhamdulillah Jazakumullah Khairan Katsiran

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Pembahasan dan contohnya lugas banget jadi mudah di pahami. Saya juga lebih suka memahamai bahasa Inggris dengan cara saya sendiri. Akan lebih tertanam di ingatan. Contohnya karena saya sering kepo, saya selalu berusaha mencari kata-kata bahasa Inggris yang artinya mirip, seperti look-see-watch, dll. Terima kasih tulisannya kak, ditunggu pembahasan selanjutnya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, silahkan ke pembahan kedua
    https://achdimerdianto.blogspot.com/2020/05/belajar-bahasa-inggris-bagian-02.html?m=1

    ReplyDelete
  6. Keren nih penjelasannya. Kemampuan bahasa inggis menjadi sangat penting di era globalisasi sekarang ini. Dan kelemahan orang Indonesia memang pada penggunaan tenses dan grammar, begitu yang saya pelajari saat bekerja bersama orang expat.

    ReplyDelete
  7. wah ini adalah pelajaran bertahun-tahun yang kutemui selama sekolah dasar sampai menengah pertama ahah. grammar oh grammar. kadang cara ampuh belajar bahasa inggris malah dari film dan lagu ga sih? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, tetapi zaman sekarang agak sulit menentukan lirik lagu yang tepat untuk digunakan di kelas karena penggunaan bahasanya yang sudah sangat kontemporer dan banyak mengandung ucapanan sumpah serapah.

      Delete
  8. Harus belajar banyak nih. Di bukmar dulu ah...

    Aku sering nyoba di nyanyi aja mas.

    ReplyDelete
  9. Asyik kita bisa belajar bahasa Inggris. Mungkin ke depannya Mas Merdianto bikin satu tulisan khusus kiat-kiat menulis dengan bahasa Inggris. Saya ingin belajar pengen bikin blog dg konten english mas.. hehe.. makasih artikelnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah, semoga elmu nya segera turun dr Allah dan semesta

      Delete
  10. Waaah bintangin blog ini aaah buat belajar bahasa Inggris. Hihi. Thanks sharing ilmunya kak.
    Aku termasuk yg lemah bangetttt di grammar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan tanya-tanya, jika ada saran enaknya buat belajar mandiri nanti saya tuliskan di tulisan lainnya

      Delete
  11. Wah mantep artikelnya, emang sekarang menguasai bahasa Inggris sudah menjadi keharusan jika tidak mau tertinggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, apalagi banyak ddidukung oleh media elektronik yang semakin memudahkan

      Delete
  12. Masih harus belajar lagi nih mas. Waktu SD dulu, saya suka belajar bahasa Inggris, eh pas di SMP malah g asyik. Mungkin krn gurunya yg ngajarin beribet. Terima kasih artikelnya Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, semoga membuka wawasan baru ya

      Delete
  13. Jadi keingetan masa dulu.. baru berasa sekarang.. jadi lupa. .soalnya dulu fokusnya lulus.. bukan paham... nah lulus iya.. pahamnya masih berantakan... pelan2 lagi dech belajar sama pa guru 🙏🙏

    ReplyDelete
  14. Wah kebetulan anak saya lagi belajar bahasa Inggris. Makasih pak atas artikelnya, ini bisa jadi referensi untuk anak saya belajar bahasa Inggris. Pembahasan materinya sangat jelas sehingga mudah dipahami

    ReplyDelete
  15. Sangat mudah dipahami. Kebetulan saya sedang mencari trik mengajarkan tenses untuk anak SD. Kebayang kan, begitu saya buka buku grammar anaknya langsung ngacir, mual duluan. Dengan ringkasan seperti ini mungkin akan lebih mudah. Nanti saya salin dulu di kertas agak besar. Karena anak saya tipe kinestetik jadi belajarnya gak bisa sambil duduk manis, biasanya kalau ditempel di tembok dia malah mau membaca. Makasih loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan. Kalau bisa share ya bagaimana mbak menerapkannya biar saya belajar juga buat ngajarin anak-anak kecil

      Delete
  16. sangat bermanfaat, karena jujur saya dari jaman sekolah bingung banget dengan tenses. disini penjelasannya mudah untuk dipahami, saya jadi mengingat kembali pelajaran waktu sekolah dulu. terima kasih :)

    ReplyDelete
  17. Wah bagus banget nih blognya. Pas buat yang nyari referensi belajar bahasa Inggris. Anakku kuminta baca-baca kesini besok ya Mas.

    ReplyDelete
  18. monggo mas Ari alhamdulillah jika bermanfaat

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan atau komentar yang membangun untuk penulisan/karya yang lebih baik. Terima kasih.

Powered by Blogger.